ps-5

PS5 Berpotensi Menjadi Konsol Game Terbaik

(Sumber : https://faktualnews.co/2019/02/12/bocoran-spesifikasi-ps5-yang-akan-jadi-pesaing-xbox-2/123498/)

Sony telah resmi mengeluarkan Play Station 5 atau PS5 Pada 12 November 2020. Ini menjadi kabar baik bagi pecinta game konsol karena banyak kelebihan yang terdapat pada PS5 ini yang sebelumnya tidak terdapat pada generasi sebelumnya seperti:

  •  Grafis Lebih Memukau

Pihak Sony memastikan bahwa PS5 memiliki grafis yang jauh lebih baik. Jika PS4 hanya mampu memainkan game berformat 4K, maka PS5 sudah bisa memainkan game berformat 8K. Perbedaannya cukup signifikan. Namun, bagi yang ingin menikmati format 8K, Anda harus menyiapkan TV/monitor yang support
Grafis 8K jauh lebih mendekati dunia nyata. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Presiden dan CEO Sony, Jim Ryan. Dia menjelaskan bahwa grafis yang dimiliki PS5 jauh lebih baik dibandingkan seri sebelumnya.

  •  Spesifikasi Jauh Lebih Gahar

CPU dan GPU PS5 sudah menggunakan processor generasi ketiga, yaitu chip AMD Ryezen 8 core. Hal tersebut sudah mendukung 3D audio dan grafis 8K yang memukau. PS5 juga sudah dilengkapi teknologi Haptic Feedback yang jauh lebih responsif. Hadirnya teknologi tersebut, membuat setiap pengguna akan merasakan sensasi yang luar biasa ketika bermain game
Konsol game generasi terbaru dari Sony ini, juga diklaim memiliki kinerja yang lebih kuat. Hal tersebut dikarenakan, PS5 sudah memiliki SSD atau Solid State Drive. Selain itu, masih banyak segudang spesifikasi lain yang membuatnya menjadi konsol yang paling gahar saat ini. 

  •  Kecepatan Loading Tercepat

Konsol baru ini akan memiliki sistem loading yang cepat. Hadirnya SSD pada konsol, membuatnya menjadi semakin cepat dan gesit. Setiap pengguna akan merasakan kenyamanan pada saat bermain game. 
Kelebihan Playstation 5 ini, akan memberi kenyamanan ekstra bagi para penggunanya. Sistem loading yang biasanya 15 detik, kini tidak sampai 1 detik, loh. Hal tersebut karena adanya SSD pada konsol yang membuatnya semakin pintar. PS5 bisa dikatakan sebagai konsol yang tidak ada loading sama sekali.

  •  Bisa Digunakan Untuk Game PS4 

Kelebihan Playstation 5 berikutnya yaitu dari segi kompatibilitasnya. Pihak Sony mengklaim bahwa konsol terbaru ini, juga bisa memainkan game PS4. Anda bisa bernostalgia dengan game-game di konsol generasi lamanya tersebut. Cocok untuk yang belum sempat memiliki konsol generasi ke-4.

  •  Ray Tracing

Selain grafis yang memukau, kabarnya PS5 juga memiliki fitur berupa Ray Tracing. Fitur ini adalah sebuah konten visual. Fungsinya yaitu agar pencahayaannya lebih kuat. Dengan begitu, pencahayaan virtual akan semakin natural. Pengguna akan merasa nyaman dengan grafis yang memukau. Hadirnya Ray Tracing, membuat kita nyaman dengan pencahayaan grafis yang jauh lebih imersif dari generasi sebelumnya. 

  •  Dukungan Perangkat PlayStation VR

VR atau Virtual Reality, menjadi salah satu daya tarik lain bagi para pengguna PS4 dulu. Kabarnya, di PS5, kita juga masih bisa menikmati PlayStation VR. Seperti yang kita ketahui, VR merupakan aksesoris terbaik dari Playstation. Dengan VR, kita seolah masuk ke dalam video game yang dimainkan. Kabarnya, PlayStation VR akan dirilis dalam versi baru. Dengan aspek higher fidelity, membuatnya semakin lebih baik. Kabarnya Sony juga akan mendukung controller PlayStation Move dan juga PlayStation Camera. Semuanya merupakan komponen pelengkap yang penting untuk sistem VR pada PS5. 

  •  Fitur Controller yang Lebih Canggih

Fitur baru pada controller PS5 fitur tersebut yaitu Haptic yang merupakan sebuah teknologi terkini di dalam dunia game. Fitur ini membuat penggunanya semakin bisa merasakan sebuah game. Haptic membuat controller menjadi semakin responsif. Menurut Jim Ryan, akan ada feedback yang berbeda pada saat kita bermain game racing, maupun first person shooter.

  •  Desain yang Lebih Futuristik

Seperti generasi terdahulunya, setiap merilis konsol baru, Sony selalu membuat perubahan pada bentuknya. Hal ini juga berlaku pada PS5. Desainnya lebih futuristik dan dibuat sedikit lancip. Pengguna juga bisa meletakkannya secara horizontal. Dengan begitu, konsol tidak akan memakan ruang penyimpanan. Controller-nya dibuat berbeda dan tampak lebih nyaman ketika dipegang. 

Ada 8 poin keunggulan PS5 dibandingkan seri terdahulunya. Kelebihan-kelebihan tersebut hanya bisa didapatkan di konsol generasi terbaru ini. Pengguna bahkan bisa menikmati game-game PS4 tanpa harus membeli konsolnya. Hal tersebut tentu akan menghemat Anda yang belum mencoba berbagai game di PS4.
Sistem loading yang terkadang membuat kita jengkel, juga sudah tidak ada lagi. Cukup menunggu 1 detik saja, kita sudah bisa memainkan game yang kita sukai. Semua kelebihan di atas tidak lepas dari spesifikasi yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya. 

Kita mengetahui kelebihan PS5 dari generasi sebelumnya apakah ada yang ingin membelinya? Jika ada maka anda harus bersabar karena PS5 pada peluncuran pertamanya sudah habis terjula dan sedikit info, PS5 reguler akan dijual US$499,99 per unit atau Rp 7 juta, dan PS5 Digital edition seharga US$399,99 atau setara Rp 5,6 juta. Dan untuk di Indonesia sendiri PS5 akan diliris pada 22 Januari 2021.

Penulis : Made Agus Widi Laksana Putra

Referensi

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20201112154722-37-201395/ps5-resmi-dijual-berpotensi-jadi-konsol-game-gaib
https://www.playstation.com/en-id/ps5/
https://www.psegameshop.com/8-kelebihan-playstation-5-dibanding-generasi-terdahulunya/
https://www.tribunnews.com/techno/2019/10/30/7-kelebihan-playstation-5-yang-akan-diluncurkan-oleh-sony-pada-2020
http://tekno.rakyatku.com/read/152596/2019/05/26/kelebihan-playstation-5-perlahan-terungkap-ini-bocorannya
https://tekno.kompas.com/read/2020/03/21/08180047/perbandingan-spesifikasi-ps5-vs-ps4-sejauh-apa-peningkatannya
https://faktualnews.co/2019/02/12/bocoran-spesifikasi-ps5-yang-akan-jadi-pesaing-xbox-2/123498/
https://inet.detik.com/games-news/d-5014862/tampilan-grafis-memukau-unreal-engine-5-di-ps5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *