persiapan-tatap-muka

Persiapan Sekolah Dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka Di Tengah Pandemi Covid-19

(Sumber : https://www.liputan6.com/citizen6/read/4425806/persiapan-sekolah-tatap-muka-di-tengah-pandemi-covid-19)

Bagaimana sih persiapan sekolah-sekolah dalam menghadapi proses pembelajaran tatap muka yang akan dilaksanakan.

Melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pemerintah telah mengeluarkan keputusan untuk mengizinkan kegiatan tatap muka di sekolah dimulai pada Januari 2021 mendatang. Mengacu kepada keputusan tersebut, tentunya diperlukan kesiapan yang matang bagi semua pihak untuk mempersiapkan secara menyeluruh aspek kesehatan yang dibutuhkan, khususnya bagi pelajar yang akan memulai kegiatan tatap muka di sekolah.

Banyak kekhawatiran yang muncul bagi masyarakat. Beberapa hal menjadi pertimbangan khususnya bagi para orang tua yang harus kembali melepas anaknya berangkat sekolah, lalu bersosialisasi kembali dengan para siswa lainnya, guru, dan banyak lagi orang lain di luar keluarganya yang biasa dijumpai.

Tentunya banyak sekali pihak pro dan kontra mengenai keputusan tersebut. Di satu sisi, pembelajaran jarak jauh sudah mulai membuat anak-anak jenuh serta bisa dikatakan hanya efektif pada 15 menit pertama pembelajaran dimulai, selebihnya anak-anak akan teralihkan dengan kegiatan lainnya. Namun di sisi lain, orang tua merasa aman sekolah di rumah untuk menghindari virus Corona karena penyebaran virus ini tidak main-main dan sangat mengkhawatirkan.

Sehingga bagi Pihak sekolah yang  akan melakukan proses pembelajaran tatap muka harus  menjalankan protokol Kesehatan dan memenuhi standar ataupun syarat yang harus dipenuhi dalam proses pembelajaran tatap muka.

Maka pihak sekolah harus mempersiapkan beberapa hal untuk menghadapi pembelajaran tatap muka yang akan dilaksanakan contohnya:

  • Sanitasi, termasuk toilet bersih dan layak.
  • Fasilitas kesehatan.  
  • Kesiapan menerapkan wajib masker.
  • Sarana cuci tangan atau hand sanitizer dan disinfektan.
  • Menyediakan thermogun (alat pengukur suhu tubuh).   

Dan bagi para siswa ataupun guru harus menjalankan protocol Kesehatan seperti:

Jaga kebersihan tangan Bersihkan tangan dengan cairan pencuci tangan atau hand sanitizer, apabila permukaan tangan tidak terlihat kotor. Namun, apabila tangan kotor maka bersihkan menggunakan sabun dan air mengalir

Pakai masker Bagi Anda yang memiliki gejala gangguan pernapasan, kenakanlah masker medis ke mana pun saat Anda keluar rumah atau berinteraksi.

Jaga jarak untuk menghindari terjadinya paparan virus dari orang ke orang lain, kita harus senantiasa menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter.

Sumber

https://www.liputan6.com/citizen6/read/4425806/persiapan-sekolah-tatap-muka-di-tengah-pandemi-covid-19

https://tirto.id/syarat-panduan-sekolah-tatap-muka-2021-di-masa-pandemi-covid-19-f7hY

https://www.kompas.com/tren/read/2020/05/18/103200465/simak-panduan-protokol-kesehatan-pencegahan-covid-19-untuk-sambut-new?page=all

Leave a Reply

Your email address will not be published.