software-vc

4 SOFTWARE VIDEO CONFERENCING TERBAIK

( Sumber gambar : www.vanwykcorp.com )

Pada bulan maret lalu pemerintah mengimbau perusahaan dan instansi pendidikan untuk menerapkan kebijakan bekerja dan belajar dari rumah untuk mengurangi risiko penularan Virus Covid-19. Hal ini membuat seluruh kegiatan yang awalnya dilakukan secara tatap muka dialihkan menjadi kegiatan daring (online), hasilnya berbagai software penunjang kegiatan daring melonjak drastis penggunaanya, salah satunya adalah software video conference, sesuai dengan namanya, software ini memiliki fungsi untuk melakukan kegiatan berupa e-meeting.

Berkat software video conference ini, interaksi tatap muka tetap bisa dilakukan meski terpisah jarak. Koordinasi pun jadi semakin mudah karenanya. Meskipun demikian, video conference menggunakan software tentu memiliki keterbatasannya sendiri. Oleh karena itu, untuk menjaga produktivitas Anda selama work from home, berikut ini rekomendasi 4 software untuk video conference terbaik yang bisa Anda pertimbangkan untuk digunakan.

1. MICROSOFT TEAMS

( Sumber gambar : www.pagerduty.com )

Layanan dari Microsoft ini sangat lengkap dan juga memiliki tampilan/antarmuka yang mudah digunakan. Selain itu layanan ini juga terhubung langsung ke Software Office 365. Jadi sudah mendukung produktivitas yang membutuhkan kolaborasi dengan software Office 365 lainnya.
 
Istimewanya lagi, untuk bisa menggunakan software ini tidak perlu merogoh kocek sedikitpun, karena semenjak pandemi virus Korona, Microsoft sudah menggratiskan layanan video conference ini. Jadi fitur video conference tetap bisa digunakan tanpa harus merogoh kocek.

2. ZOOM

( Sumber gambar : www.thejournal.com )

Software Zoom sejauh ini adalah software video conference yang paling sering digunakan oleh orang-orang. Software ini sangat sesuai untuk kegiatan e-meeting dan kegiatan belajar mengajar. Beberapa fitur yang bisa digunakan adalah chat/video chat, screen sharing, dan whiteboard untuk kolaborasi, record meeting atau merekam sesi video conference, dan absensi peserta.

Software ini bisa didapatkan secara gratis, dengan nol rupiah anda bisa menggunakan software ini untuk meeting dengan jumlah maksimal peserta 100 orang dan waktu meeting maksimal 40 menit. namun jika anda ingin mendapatkan keistimewaan berupa kuota peserta yang lebih banyak dan waktu penggunaan yang lebih lama, anda harus merogoh kocek untuk membeli paket Zoom Meetings. Ada empat macam paket Zoom Meetings, yakni Basic, Pro, Business, dan Enterprise.

3. GOOGLE MEET

( Sumber gambar : www.thenocgroup.com )

Google Meet adalah produk dari Google yang merupakan layanan komunikasi video yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini adalah salah satu dari 2 aplikasi yang merupakan versi baru dari versi terdahulunya yaitu Google Hangouts dan Google Chat. . Software ini bisa digunakan dengan cara mengunduh software atau lewat browser internet yang dimiliki

Beberapa fitur yang bisa digunakan di dalam software gratis ini adalah dukungan maksimal peserta video conference hingga 100 orang, dapat digunakan di semua platform, dapat menampilkan berbagai dokumen atau presentasi, akses mudah hanya lewat tautan yang dibagikan.

4. WEBEX

Webex.

( Sumber gambar : https://www.support.com/how-to/troubleshoot-webex-video-not-working-13308 )

Webex adalah layanan video conference milik Cisco, Layanan ini biasanya menargetkan pengguna kalangan enterprise atau perusahaan besar tapi juga cocok untuk kegiatan belajar mengajar jarak jauh.
 
Webex punya antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan di laptop, komputer, dan smartphone. Software ini bisa diakses dengan cara mengunduh software atau lewat browser internet apabila tidak ingin repot memasang atau instal. Di dalam Webex tersedia fitur chat, audio chat, video chat tapi tergantung jenis browser yang digunakan, file sharing seperti menampilkan slide Powerpoint, serta whiteboard yang interaktif.

Itulah rekomendasi software video conference yang bisa anda pertimbangkan untuk digunakan. Tetap di rumah dan andalkan aplikasi-aplikasi meeting di atas untuk tetap produktif dan bekerja dari rumah!

Penulis: Adi Krisna

Refrensi :

https://business.tutsplus.com/id/articles/best-web-video-conferencing-software–cms-31845

https://www.inews.id/techno/internet/5-aplikasi-video-conferencing-terbaik-ada-skype-dan-hangouts-meet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *