reaksi-thd-covid

Gimana Sih Respon Masyarakat Tentang COVID-19?

New Normal, Momentum Transformasi Sosial Budaya | Universitas Gadjah Mada

Sumber : https://ugm.ac.id/id/berita/19479-new-normal-momentum-transformasi-sosial-budaya

Dulu sebelum wabah terjadi, dunia mengalami masa peningkatan teknologi dan pertanian, yang berujung pada stabilitas politik dan populasi yang meroket. Banyak orang melakukan perjalanan ke tempat-tempat tertentu untuk sekedar melepas penat. Warga menjalani keseharian dengan lancar. Ekonomi masyarakat stabil dan tidak mengalami perubahan signifikan yang dapat mengganggu kehidupan masyarakat.

Pada awal kemunculannya di Cina, banyak warga yang menganggap bahwa Covid-19 ini hanya sekedar gurauan dan banyak orang yang menghiraukan virus dan himbauan-himbauan dari pemerintah (dulu juga saya beranggapan seperti mereka hehe). Lebih tepatnya banyak yang tidak peduli dan terkesan meremehkan. Tidak hanya masyarakat, para pejabat pun melakukan hal yang sama dan juga tidak berpartisipasi aktif dalam melakukan langkah awal untuk mencegah masuknya virus ini ke Indonesia.

Ketika penyebaran COVID-19 di berbagai daerah dan wilayah mulai tersebar warga Indonesia masih terkesan santai dan belum ada langkah-langkah penanggulangan terkait virus ini. Namun sangat disayangkan, saat protokol kesehatan telah dibuat, dihimbau, dan diberlakukan, warga tetap tidak mengindahkan hal tersebut.

Di zaman sekarang orang-orang yang bersikap masa bodoh jumlahnya lebih banyak daripada orang yang peduli terhadap penanganan virus ini, ketidakpedulian merekalah yang memprcepat penyebarluasan virus ini. Tetapi setelah virus ini merajalela ke seluruh dunia dan memakan jutaan korban jiwa, barulah warga mulai mengalami ketakutan dan merasakan keresahan, kebingungan, dan kecemasan atas peningkatan virus ini. Dan akhirnya warga mulai menaati protokol-protokol, melakukan pola hidup sehat, dan mengingatkan satu sama lain untuk menjalani pola hidup sehat.

Penulis : Luh Putu Pitariana

Referensi :

https://lombokpost.jawapos.com/opini/15/07/2020/perubahan-sosial-di-era-pandemi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *