aplikasi-belajar-online

DERETAN APLIKASI BELAJAR ONLINE PENUNJANG KEGIATAN BELAJAR SISWA DIRUMAH

( Sumber Gambar : www.teknologiterbaru.id )

Aplikasi belajar online saat ini menjadi solusi efektif dalam memudahkan kegiatan belajar ditengah kondisi pandemi. Hal ini dibarengi dengan fitur lengkap yang ditawarkan oleh aplikasi-aplikasi tersebut, seperti pembahasan soal, diskusi, hingga materi-materi pembelajaran pun tersedia. Apalagi kini banyak aplikasi belajar online yang  bisa diakses secara gratis tanpa harus membayar sepeser pun.

Mendikbud Nadiem Makarim berharap agar para guru bisa mengarahkan siswanya untuk menggunakan layanan gratis tersebut, sehingga aktivitas belajar dari rumah bisa berjalan efektif dan mobilitas para murid bisa diredam. Lalu apa sajakah aplikasi belajar online yang bisa diakses secara gratis tersebut? Berikut ulasannya.

1. RUANG GURU

( Sumber Gambar : www.teknologiterbaru.id )

Ruangguru membuka program sekolah online gratis setiap hari dimulai sejak Senin, 16 Maret 2020, dari pukul 08.00-12.00 WIB, setiap Senin sampai Jumat. Sekolah online bisa diakses melalui aplikasi Ruangguru. Sekolah online tersedia untuk semua jenjang kelas dan mata pelajaran inti, dengan kurikulum nasional, dan dipandu oleh guru dari Ruangguru. Program ini bisa dimanfaatkan oleh semua pengguna aplikasi baik yang sudah berlangganan maupun belum.

Program ini bisa diakses oleh siswa yang sekolahnya sedang diliburkan maupun tidak. Sesi sekolah online yang sudah selesai bisa diputar ulang. Selain sekolah online, para siswa bisa mengerjakan soal di fitur bank soal dan try out secara gratis. Aplikasi Ruangguru bisa diunduh di Play Store maupun App Store.

2. ZENIUS

( Sumber Gambar : www.teknologiterbaru.id )

Merupakan pioneer dalam aplikasi belajar online, Zenius telah hadir sejak 2004. Dengan harapan menumbuhkan semangat dan lebih banyak keinginan untuk belajar dan eksplorasi, Zenius menyediakan layanan belajar mandiri gratis dalam rangka persiapan Ujian Nasional.

Pengguna Zenius bisa mengakses puluhan ribu video materi belajar lengkap untuk SD, SMP, SMA untuk kurikulum KTSP, kurikulum 2013, dan kurikulum 2013 revisi. Aplikasi Zenius bisa diunduh di Play Store maupun App Store.Selain diakses gratis, mayoritas video pembelajaran dihadirkan dalam format whiteboard yang memerlukan kuota internet paling hemat.

3. QUIPPER SCHOOL

( Sumber Gambar : http://gappsforpc.com )

Quipper School adalah platform sekolah digital tanpa biaya. Melalui platform ini, guru dapat mengirim dan mengelola materi pembelajaran, ujian, serta nilai siswa secara online. Sedangkan siswa dapat mengerjakan pekerjaan rumah, tugas, dan ujian juga secara online dengan mudah.

Quipper School menggunakan teknologi manajemen kelas digital (Learning Management System/LMS). Pemanfaatan edtech dengan LMS dapat menjadi solusi untuk memaksimalkan kegiatan belajar-mengajar bagi para guru dan siswa sebagai antisipasi yang dikeluarkan oleh pemerintah terkait penyebaran Covid-19.

4. Sekolahmu

( Sumber Gambar : www.pencarinafkah.com )

Sekolahmu menyediakan beragam materi ajar yang bisa diakses melalui aplikasi dan situs resminya. Materi pelajaran yang disediakan telah disusun dengan melibatkan sejumlah instansi pendidikan, seperti Sekolah Lazuardi, Cikal, dan Yayasan Diponegoro.

Saat ini, Sekolahmu tengah membuka semua materi pelajarannya secara gratis seiring kebijakan pemerintah untuk belajar dari rumah di tengah wabah corona. Dalam situs Sekolahmu juga terdapat sesi sekolah online gratis dengan format live streaming Youtube, dan dipandu guru dari berbagai sekolah.  

Itulah ulasan beberapa aplikasi belajar online yang bisa para siswa bisa akses secara gratis. Namun sebenarnya masih banyak aplikasi yang bisa para siswa akses secara gratis, seperti Google: Google Suite for Education, Microsoft: Office 365 for Education, dan Kelas Pintar. Semua adalah soal pilihan dan kenyamanan pribadi. Stay at home and stay healthy!

Penulis: Adi Krisna

Refrensi :

https://katadata.co.id/marthathertina/berita/5e9a4214242f1/7-aplikasi-belajar-online-gratis-untuk-siswa-dan-guru

https://edukasi.kompas.com/read/2020/03/22/123204571/12-aplikasi-pembelajaran-daring-kerjasama-kemendikbud-gratis?page=all

https://jalantikus.com/tips/aplikasi-belajar-online-android/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *