penanganan-sampah

APA SAJA JENIS SAMPAH ??

APA SAJA JENIS SAMPAH

         Sebagian masyarat mungkin kurang paham  cara penanganan sampah yang baik masih banyak orang yang asal-asalan membuang sampah. Asal buang saja, bahkan masih banyak orang yang berpikir buang sampah di tempat sampah saja sudah cukup bagi mereka, padahal ada sampah yang mememg harus di pilah atau harus di pisahkan dan di buang pada tempatnya. Maka dari itu kita harus tau jenis sampah dan cara penangannannya, karena mengetahui itu sangat  penting untuk menumbuhkan rasa peduli kita terhadap lingkungan sekitar dan alam.

         Fakta sampah ada dimana-mana!!,sebelum kita mengetahui cara penanganan sampah dan jenisnya lebih baik kita tahu  dulu sampah yang ada dimana-mana, sehingga secara tak langsung pun kita hidup berdampingan dengan samapah yang kita hasilkan sendiri. Dilansir dari 99.CO, terdapat enam negara penghasil secara keseluruhan terbanyak di dunia yaitu adalah sebagai berikut:

  • Amerika Serikat

Pada tahun 2007 tercatat  di Amerika Serikat menghasilkan sekitar 254 juta ton sampah per tahunnya yang mana sebanyak 26,8 juta ton diantaranya sampah-sampah makanan.

  • Rusia

Pada tahun 2000 an Rusia memproduksi sekitar 207,4 juta ton sampah pertahunya dan dikarenakan pertumbuhan masyarakat yang cukup pesat, pada tahun 2015 jumlah sampah jutru ikut meningkat secara drastis.

  • Jepang

Sekitar 52,4 juta ton sampah  pertahunnya .

  • Inggris

Sekitar 34 juta ton sampah  pertahunya.

  • Meksikso

Dengan 32,2 juta ton sampah pertahunya.

  • Italia

Sekitar 29,7 juta ton sampah pertahunya.

         Kondisi tersebut sangat memprihatinkan bahkan tak bisa dibayangkan maka dari itu kita wajib peduli dengan adanya sampah agar tidak menumpuk kalau uang yang menumpuk kan bagus!! Nah kalau sampah yang menumpuk mau kita apakan nanti ? Jika sudah tidak lagi bisa ditangulangi. Dari sekarang, kita harus tumbuhkan rasa peduli dari dalam diri masing-masing terhadap sampah .

Berikut jenis-jenis sampah dan cara penanganannya.

  1. Sampah Organik

(Sumber :https://www.cekaja.com/info/cara-memilah-sampah-yang-baik-dan-benar-yuk-kita-selamatkan-bumi)

Jenis sampah  organik adalah sampah yang terdiri dari  bahan yang dapaterurai contohnya yaitu dari sisa-sisa makanan, dedaunan,  dan dapat terurai secara alamiah dapat juga dikatan sebagai sampah basah.  Sampah organik juga di bagi menjadi dua yaitu sampah organik hijau dan sampah organik hewani, dan cara memilahnya yaitu:

Sampah organik hijau adalah sampah yang di hasilkan dari sampah rumah tangga contohnya yaitu daun dan sayu-sayuran, buah-buahan, nah sampah ini nantinya jika diproses kembali bisa menjadi pupuk kompas.

Sampah organik hewani yaitu sampah yang berasal dari bagian hewan yang tidak dapat di cerna contohnya tulang ikan, tulang ayam,kulit udang dan sejenisnya, cara pengolahanya pun sama seperti sampah organik hijau.

  • Sampah Anorganik

Sampah anorganik yaitu sampah yang cenderung berasal dari bahan berbahaya yaitu seperti styrofoam, plastik dan kaleng sampah anorganik berbeda dengan sampah organik yang bisa dijadikan pupuk sampah ini hanya bisa didaur kembali untuk dijadikan barang lain seperti tas, vas bunga, dll. Maka pisahkan tempat sampah kusus untuk sampah anorganik.

  • Sampah Plastik

Jenis sampah plastik sudah tidak asing lagi bagi masyarakat karena manusia sudah sangat mengandalkan  plastik  sebagai kebutuhan contohnya tas kresek dari plastik, bungkus makanan dan minuman bahkan saat ini pun masih digunakan, maka dari itu kita harus mengurai mengunakan plastik karena sampah plastik sangat sulit di daur ulang dan jangan buang sampah plastik di tanah bisa merusak alam, jika sampah plastik di tanam di tanah itu pun akan terurai perlu watu bertahun-tahun.

Lakukan kebiasaan kecil untuk mengurangi plastik dengan cara membawa tas bahan kain saat berbelanja, kurangti kemasan makanan dengan plastik.

  • Sampah Pecah Belah

(Sumber : https://www.dw.com/id/pemisahan-dan-pengelolaan-sampah-di-jerman/g-39157142)

Sampah pecah belah adalah sampah  yang biasa di hasilkan dari pecahan piring, vas bunga dan botol-botol kaca, biasanya ini termasuk sampah rumah tangga.

Daur ulang kaca adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi polusi dan limbah. Daripada membuat tempat sampah penuh dengan kaca yang dapat mengancam keselamatan dan lingkungan, daur ulang menjadi alternatif hal yang bisa dilakukan. Bagaimana cara mendaur ulang kaca? Dilansir WWF Panda pecahan gelas dapat dilebur dan dibuat dalam berbagai bentuk. Mulai dari gelas minuman hingga serat gelas.

Penulis : Ayu Dewik Anjani

Sumber

https://www.cekaja.com/info/cara-memilah-sampah-yang-baik-dan-benar-yuk-kita-selamatkan-bumi

https://www.kompas.com/tren/read/2020/06/07/070500965/viral-cara-membuang-gelas-pecah-bagaimana-sebaiknya-daur-ulang-kaca-?page=all

Leave a Reply

Your email address will not be published.