player-e-sport

Pro Player E-Sport Menjadi Pekerjaan Favorit Kaum Muda

Dulu cita-cita anak-anak berkisar dengan sejumlah profesi ini: dokter, insinyur, pilot, polisi, tentara, dosen, dan lain sebagai-nya. Tapi, kini, di era teknologi  ini, cita-cita mereka kian beragam. Salah satunya, menjadi pemain game profesional E-Sport.
Perkembangan pesat yang terjadi di dunia e-sport saat ini telah menjadikan sektor ini begitu menjanjikan untuk dijadikan pegangan hidup. Gaji besar serta popularitas dapat mengubah hidup seseorang untuk menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya.

Pekerjaan menjadi pro player begitu digandrungi banyak anak muda. Hal ini sangat jelas terlihat dari begitu besarnya antusiasme pemain mengikuti setiap turnamen, baik di level amatir dan semi-profesional.Besarnya antusiasme para pemain game ini membuat persaingan di antara mereka agar bisa dilirik dan direkrut organisasi-organisasi e-sports dan mendapatkan kontrak dengan nilai tinggi. Namun jika berbicara mengenai gaji pemain esports, seberapa besar sih sebenarnya?

Mengenai hal ini tentu setiap pemain menerima nominal pendapatan yang berbeda setiap bulannya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan nominal gaji Pro Player berbeda diantaranya. Skill yang menjadi patokan. Di luar itu, beberapa hal pendukung seperti popularitas, image, serta seberapa besar daya tarik yang dihadirkan untuk menambah penggemar hingga mendatangkan sponsor menjadi kriteria berikutnya yang bakal sangat berpengaruh.

Dalam sebuah tayangan Listen Up! di akun Youtube One Up, CEO & Co-Founder Rex Regum Qeon (RRQ), Andrian Pauline, mencoba memberikan kisaran gaji para pemain e-sports profesional Indonesia saat ini, dari yang paling rendah hingga tertinggi.

“Saya tidak ingin mewakili salah satu organisasi esports, ya. Setahu saya kisarannya di US $ 200 hingga US $6.000,” ucap pria yang akrab disapa AP itu.
“Nilai tersebut untuk para pemain yang ada di Indonesia saat ini. Mungkin paling kecil US$300 karena ada aturan UMR dan lainnya. Sementara untuk para pemain Indonesia yang mendapat gaji khusus itu ada beberapa, terutama mereka yang main di luar negeri,” tuturnya.

Dengan kata lain, para pemain e-sports di Indonesia saat ini memiliki gaji bulanan sebesar Rp 4,4 juta hingga Rp 88 juta. Selain untuk menyalurkan hobi bermain game ,para anak muda akan tergiur dengan jumlah gaji yang sangat banyak ini.

Walaupun memiliki jumlah gaji yang banyak menjadi seorang pro player sangatlah susah selain memiliki skill yang mumpuni. Kita juga harus memiliki sifat tidak mudah puas dengan suatu kemenangan dan mudah untuk bekerja sama dengan satu tim. Hal tersebut adalah salah satu karakter yang harus dimiliki untuk menjadi seorang pro player.

Untuk menjadi seorang Pro Player dibutuh kan skill yang memadai, sifat yang tidak mudah puas dengan suatu kemenangan, mudah bekerja sama dengan satu tim dan masih banyak lainnya .
Tapi dengan menjadi seorang pro player, gaji besar serta popularitas dapat mengubah hidup seseorang untuk menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya. Hal ini membuat kaum muda lebih memilih pekerjaan ini karena selain menyalurkan hobi kita juga mendapat gaji yang besar dan popularitas.

Penulis : Made Agus Widi Laksana Putra

Sumber

breeetmedia.com/2020/05/berapa-sih-gaji-pro-player-esports-di-indonesia-ini-kisarannya/

https://www.liputan6.com/tekno/read/4311288/keren-pro-player-esports-bisa-beli-mobil-dari-main-gim

https://kumparan.com/tugumalang/mimpi-saya-menjadi-pemain-game-profesional-1ruNVvRCpE5/full

Leave a Reply

Your email address will not be published.